Membahas Pesan Rasulullah Tentang Yahudi,Nasrani dan Umatnya Yang Terpecah

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Saudara saudaraku seiman...

Ketika Membahas tentang Pesan Rasulullah tentang Orang Yahudi,Nasrani dan Pengikut Nabi Muhammad , marilah kita lebih untuk mefokuskan pada "intropeksi diri' .

dan untuk memahami Pesan Rasulullah tersebut yang harus dijadikan petunjuk dan acuan utama adalah Firman Allah .. dan ketika membahas tersebut bukan untuk mengko
tak kotakan umat islam apalagi memberi stigma kepada saudara seiman lainnya

Sikap berusaha intropeksi diri dan berharap minta petunjuk dan bimbingan Allah adalah tentang Ayat Ayat Allah apa yang sangat sering kita ucapkan dalam keseharian, minimal kita ucapkan 17 kali,yaitu :

Qs:AL FATIHAH 6

اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ

Tunjukilah kami jalan yang lurus,

Seberapapun luasnya pengetahuan tentang masalah keislaman, seberapapaun banyaknya ilmu ilmu yang diketahui Allah mengingatkan kepada Umat Manusia untuk tidak boleh pernah lepas dalam sholat membaca ayat tersebut,karena ayat tersebut merupakan bagian dari surah Al Fatihah yang merupakan salah satu yang harus dibaca dalam Sholat

Allah mengingatkan kepada umat Manusia tentang keberadaan sekelompok manusia yang merasa dirinya beriman padahal ia bukanlah termasuk orang yang beriman.

Qs AL BAQARAH 8

وَمِنَ النَّاسِ مَن يَقُولُ آمَنَّا بِاللَّهِ وَبِالْيَوْمِ الْآخِرِ وَمَا هُم بِمُؤْمِنِينَ

Di antara manusia ada yang mengatakan: "Kami beriman kepada Allah dan Hari kemudian" , padahal mereka itu sesungguhnya bukan orang-orang yang beriman.

dan Berikut ini contoh contoh Hadist yang dijadikan Topik pembahasan :

Hadits Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اِفْتَرَقَ الْيَهُوْدُ عَلَى إِحْدَى أَوْ ثِنْتَيْنِ وَسَبْعِيْنَ فِرْقَةً، وَتَفَرَّقَتِ النَّصَارَى عَلَى إِحْدَى أَوْ ثِنْتَيْنِ وَسَبْعِيْنَ فِرْقَةً وَتَفْتَرِقُ أُمَّتِيْ عَلَى ثَلاَثٍ وَسَبْعِيْنَ فِرْقَةً.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, ‘Kaum Yahudi telah terpecah menjadi tujuh puluh satu (71) golongan atau tujuh puluh dua (72) golongan, dan kaum Nasrani telah terpecah menjadi tujuh puluh satu (71) atau tujuh puluh dua (72) golongan, dan ummatku akan terpecah menjadi tujuh puluh tiga (73) golongan.

atau Hadist lain yaitu :Hadits Mu’awiyah bin Abi Sufyan :

عَنْ أَبِيْ عَامِرٍ الْهَوْزَنِيِّ عَبْدِ اللهِ بْنِ لُحَيِّ عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ أَبِيْ سُفْيَانَ أَنَّهُ قَامَ فِيْنَا فَقَالَ: أَلاَ إِنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَامَ فِيْنَا فَقَالَ: أََلاَ إِنَّ مَنْ قَبْلَكُمْ مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ اِفْتَرَقُوْا عَلَى ثِنْتَيْنِ وَسَبْعِيْنَ مِلَّةً وَإِنَّ هَذِهِ الْمِلَّةَ سَتَفْتَرِقُ عَلَى ثَلاَثٍ وَسَبْعِيْنَ. ثِنْتَانِ وَسَبْعُوْنَ فِي النَّارِ وَوَاحِدَةٌ فِي الْجَنَّةِ وَهِيَ الْجَمَاعَةُ .

Dari Abu ‘Amir al-Hauzaniy ‘Abdillah bin Luhai, dari Mu’awiyah bin Abi Sufyan, bahwasanya ia (Mu’awiyah) pernah berdiri di hadapan kami, lalu ia berkata: “Ketahuilah, sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berdiri di hadapan kami, kemudian beliau bersabda, “Ketahuilah sesungguhnya orang-orang sebelum kamu dari Ahli Kitab (Yahudi dan Nasrani) terpecah menjadi 72 (tujuh puluh dua) golongan dan sesungguhnya ummat ini akan berpecah belah menjadi 73 (tujuh puluh tiga) golongan, (adapun) yang tujuh puluh dua akan masuk Neraka dan yang satu golongan akan masuk Surga, yaitu “al-Jama’ah.”

dan MASIH BANYAK HADIST LAINNYA, Selain Rasulullah mengingatkan tentang Kondisi Umatnya,Rasulullah juga menyinggung tentang KEADAAAN yang tidak jauh berbeda dengan kondisi PARA AHLI KITAB,yaitu Yahudi dan Nasrani

dan Kalau kita Baca Ayat Ayat Al Qur'an , begitu banyak sekali ayat Al Qur'an "MEMBONGKAR KEBOBROKAN MENTAL DAN AKIDAH" Para Ahli Kitab,orang orang yang diberi alkitab,Yahudi Dan Nasrani.begitu banyaknya Ayat Al Qur'an yang membahas tentang Bani Israil.

mereka yang mengaku sebagai Pengikut Musa As ataupun pengikut Isa As ,Kebobrokan mental dan Akidah' ,penyimpangan penyimpangan mereka diungkap.

banyaknya kisah tersebut bukan untuk menanamkan kebencian kepada personal Ahli kitab dan Bani Israil, tetapi semuanya dikisahkan UNTUK PELAJARAN BAGI UMAT MANUSIA

Qs 12:111

لَقَدْ كَانَ فِي قَصَصِهِمْ عِبْرَةٌ لِّأُولِي الْأَلْبَابِ ۗ مَا كَانَ حَدِيثًا يُفْتَرَىٰ وَلَـٰكِن تَصْدِيقَ الَّذِي بَيْنَ يَدَيْهِ وَتَفْصِيلَ كُلِّ شَيْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً لِّقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al Qur'an itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman.

tetapi walaupun begitu banyaknya Ayat ayat Al Qur'an yang membongkar kebobrokan Mental dan Kebobrokan Akidahnya, hal penting yang harus diingat Ayat Ayat Al Qur'an maupun Hadist yang sudah dikutip "TIDAK MEGENERALISASI" Ahli Kitab yaitu orang Yahudi dan Nasrani.

mereka tidak sama ,Qs Ali Imran 113-115,Diantara mereka ada yang beriman :

1.Mereka Membaca ayat ayat Allah pada beberapa waktu di malam hari,dan Mereka juga bersujud

2.Mereka Beriman kepada Hari Pembalasan.

3.Mereka Menyuruh yang Ma'rud dan Mencegah dari yang mungkar

4.Mereka Bersegera dalam hal kebaikan

لَيْسُوا سَوَاءً ۗ مِّنْ أَهْلِ الْكِتَابِ أُمَّةٌ قَائِمَةٌ يَتْلُونَ آيَاتِ اللَّهِ آنَاءَ اللَّيْلِ وَهُمْ يَسْجُدُونَ

Mereka itu tidak sama; di antara Ahli Kitab itu ada golongan yang berlaku lurus , mereka membaca ayat-ayat Allah pada beberapa waktu di malam hari, sedang mereka juga bersujud (sembahyang).

114
يُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَيُسَارِعُونَ فِي الْخَيْرَاتِ وَأُولَـٰئِكَ مِنَ الصَّالِحِينَ

Mereka beriman kepada Allah dan hari penghabisan mereka menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang mungkar dan bersegera kepada (mengerjakan) pelbagai kebaikan; mereka itu termasuk orang-orang yang saleh.

115
وَمَا يَفْعَلُوا مِنْ خَيْرٍ فَلَن يُكْفَرُوهُ ۗ وَاللَّهُ عَلِيمٌ بِالْمُتَّقِينَ

Dan apa saja kebajikan yang mereka kerjakan, maka sekali-kali mereka tidak dihalangi (menerima pahala) nya; dan Allah Maha Mengetahui orang-orang yang bertakwa.

Selain itu diantara mereka Ahli kitab,Yahudi dan Nasrani ada diantaranya :

1. Mereka Beriman Kepada Allah dan beriman kepada apa yang diturunkan kepada Nabi Muhammad dan Beriman kepada apa yang diturunkan kepada mereka

2. Mereka berendah hati Kepada Allah

3.Mereka tidak menukarkan ayat ayat Allah

Qs Ali Imran 199

وَإِنَّ مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ لَمَن يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَمَا أُنزِلَ إِلَيْكُمْ وَمَا أُنزِلَ إِلَيْهِمْ خَاشِعِينَ لِلَّهِ لَا يَشْتَرُونَ بِآيَاتِ اللَّهِ ثَمَنًا قَلِيلًا ۗ أُولَـٰئِكَ لَهُمْ أَجْرُهُمْ عِندَ رَبِّهِمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ سَرِيعُ الْحِسَابِ

Dan sesungguhnya di antara ahli kitab ada orang yang beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kamu dan yang diturunkan kepada mereka sedang mereka berendah hati kepada Allah dan mereka tidak menukarkan ayat-ayat Allah dengan harga yang sedikit. Mereka memperoleh pahala di sisi Tuhannya. Sesungguhnya Allah amat cepat perhitungan-Nya.

Jika terhadap Ahli Kitab ,Yahudi Nasrani Ayat Ayat Alqur'an memberikan petunjuk secara jelas tidak megeneralisasi mereka, maka pantaskah Kita megeneralisasi orang orang yang mengaku Pengikut Nabi Muhammad ,yang mereka diposisikan atau memposisikan tidak sekelompok dengan kita?

Sekali lagi pembahasan terkait Hadist ini , bukan untuk menjudge atau memberi stigma kelompok lain tetapi menjadi bahan untuk intropeksi diri kita masing masing

dan soal pembahasan soal "kebobrokan Mental dan Akidah" yahudi dan Nasrani, yang harus menjadi perhatian kita semua ,agar kita jangan sampai terperosok dalam lubang yang sama dengan mereka... Mari kita renungi ayat ayat Allah untuk kita jadikan bahan renungan sekaligus petunjuk bagi kehiduoan kita.

Kita boleh cemas ataupun waspada terhadap berbagai upaya pemurtadan ataupun berbagai strategi yahudi menguasai dunia.

tetapi hal yang LEBIH PERLU KITA WASPADAI dan Kita Jauhi adalah "MENTAL MENTAL DAN AKIDAH BOBROK" pada yahudi dan Nasrani jangan sampai menempa diri kita,karena mereka yang terkena "penyakit" Mental dan Akidah Yahudi dan Nasrani yang menyimpang dari apa yang diajarkan Para Rasul.

Karena Kebobrokan Mental dan Akidah tersebut merupakan hal yang menyimpang dari Ajaran Islam yang sebenarnya,itulah mereka yang digolongkan pada 70 golongan Yahudi,71,Golongan Nasrani dan 72 Golongan Pengikut Nabi Muhammad Shollallahu alaihi wassalam

11 komentar:

HENDRIK said...

MENGUKUR FIHAK LAIN DGN ALAT UKUR SENDIRI,HASILNYA SDH PASTI SPT APA YG ANDA TULIS,ANDA TDK SADAR BAHWA APABILA SAYA MENGUKUR ANDA DGN ALAT UKUR SY SENDIRI,HASILNYA AKAN SAMA SPT ITU JUGA,ATAU DGN KATA LAIN SEMAU SAYA.ADAPUN AYAT2 YG ANDA KEMUKAKAN SBG ALAT PEMBENARAN,TDK ADA ARTINYA SAMA SEKALI,SEBAB FIHAK LAINPUN JUGA PUNYA AYAT.MAUKAH ANDA MENGGUNAKAN ALAT UKUR YG KITA SEPAKATI TERLEBIH DAHULU? SY TUNGGU.
AGAR AMOR LEBIH MUDA MENGERTI JLN FIKIRAN SY,SY MENGAJUKAN BBRP PERTANYAAN:
1 ANDA MENGATAKAN ALKITAB ITU PALSU. ALKITAB ADALAH SEJARAH TUA YG HANYA BISA GUGUR APA BILA ADA BUKTI BARU.ADAKAH BUKTI BARU YG ANDA PUNYA?
2 ADAKAH AJARAN YESUS YG ANDA ANGGAB TDK BAIK SEHINGGA MEMBUAT PARA PENGIKUTNYA MENJADI TDK BAIK ATAU JAHAT? SEBUTKAN
3 AGAMA MANA SAJA YG MENGHASILKAN TERORIS,MALAIKAT2 JALANAN,ATAU YG TERIAK ALLAH HUAKBAR KETIKA SALING BUNUH,ATAU YG TERIAK SEKUAT KUATNYA KETIKA MAU IBADAH TANPA MEMPERDULIKAN FIHAK LAIN?
4 KLU KITA SEPAKAT,AGAMA YG BESAR DI DUNIA ADALAH KRISTEN,ISLAM,HINDU,BUDHA,MANA YG PALING TERBELAKANG DILIHAT DR SUDUT PANDANG:
- PENGARUHNYA DLM SOSIAL BERMASYARAKAT ANTAR BANGSA ATAU ANTAR NEGARA
-PENGARUHNYA TERHADAP PENGUASAAN TEHNOLOGI DAN ILMU PENGETAHUAN
-KONON DI ARAB,KLU ADA ORG YG AKAN DI HUKUM PANCUNG MISALNYA,ITU DIPERTONTONKAN KEPADA HALAYAK RAMAI DGN MAKSUD AGAR ORG LAIN TAKUT MELAKUKAN HAL YG SAMA,NAMUN ADA PENDAPAT YG MENGATAKAN BAHWA,APABILA KEKERASAN DIJADIKAN TONTONAN MAKA AKAN MELAHIRKAN ORANG2 YG SADIS,APA PENDAPAT ANDA.
- PENGAJARAN APA YG ANDA ANGGAP HEBAT DR MUHAMMAT YG SDH MEMBUAT ORG MENJADI LEBIH BIK DGN MELIHAT FAKTA2 YG ADA.
DGN SABAR SY MENUNGGU TANGGAPANNYA.

Hamba Allah said...

1.injil itu kitab yang diberikan untuk isa dan kami umat islam wajib mempercayainya sebagaimana ada pada rukun iman yaitu iman kepada kitab Allah taurat,jabur,injil, dan al quran.

2.ajaran isa atau yesus memang benar dan baik namun umatnya yang keliru bahwa sebenarnya dia di utus sebagai nabi bukan dijadikan tuhan atau anak tuhan

3.teroris boleh boleh saja mengatasnamakan dirinya sebagai islam tapi kekerasan tidak ada dalam islam jadi mereka itu orang sesat
Adzan yang kau bilang teriak tak semestinya mengganggu orang lain itu menunjukan betapa besarnya dan kuatnya agama kami

4.sudah tahu hukuman itu mengerikan kenapa juga harus ada yang ingin merasakanya lalu bagaimana di negara barat sudah pastikah tidak ada orang sadis?

hendrik said...

-1 anda mengatakan wajib mempercayainya,sedangkan injil mengajarkan bahwa yesus itu manusia yg berisi tuhan.
-2 klu memang benar bahwa umat kristen keliru dlm memandang yesus,adakah dampak buruknya terhadap org lain?
-3 teroris ada dan didapat dlm komunitas islam,yg mendasari pemikiran mereka untuk melakukuan hal itu adalah alquran.klu anda mengatakan islam tdk mengajarkan kekerasan,itu krn anda tdk membaca atau tdk mengerti isinya,maklum berbahasa arab.klu penasaran sy tunjukkan.Azan memang tdk mengganggu org tuli,tp tahukah anda bahwa sala satu mesjid diarab saudi tdk memperdengarkan azan krn berdekatan dgn kedutaan amerika,sy juga pernah melihat acara VOE amerika diTV,salasatu penelfon bertanya:kenapa azan dilarang di amerika? jawab nara sumber:krn amerika sangat menghargai hak asasi org maka azan tdk dilarang tp tdk boleh lebih keras dr lonceng gereja,dan itu berarti nara sumber mengatakan di tempat lain kita melanggar hak asasi org,tp klu hal itu anda maknai sebagai kebesaran agama dasarnya apa?bukankah yg sibuk mencari pendukung itu yg lemah
-itulah bukti bahwa hukum yg sifatnya penyiksaan fisik tdk berhasil mengatasi kejahatan,dan ternyata kelemah lembutanlah yg bisa melembutkan org.tentang orang2 sadis dimana saja bisa ada ttp tdkmembawa panji2 agama
pertanyaan sy yg terakhir mohon dijawab:pengajaran apa yg anda anggap hebat dr muhammad yg sudah membuat org menjadi lebih baik

HENDRIK said...

LAGI TIDUR YA???

Nurlaila Sheeyola said...

Assalammualaikummm, ,,,

Gak usah pada Berdebat ,,,, ikuti kepercayaan kita masing2,,,,
AGAMA ISLAM tidak mengajar kan untuk mengejek agama lain,,,
Malah Suruh menghormati SAJA,

Saya sebagai orang islam ALLOH HUAKBAR ,,,,

Alhamdulilah sahabat saya baru aja jd MUALAF , sekarang Dia lg Mempelajari Isi AlQuran
ALLOH HUAKBAR !!!!!

Id Amor said...


Ups.. ternyata ada Hendrik sedang pamer sesat pikir, yaitu berharap Amor mudah mengerti jalan berfikirnya dengan mengajukan 4 Pertanyaan.

Pertanyaan 1, menggugat pernyataan amor dengan cara kalap!

Kenapa Amor sebut kalap, Fakta dalam artikel di atas tak ada satupun pernyataan amor yang membahas soal kepalsuan alkitab , tetapi tanpa malu menyampaikan gugatan :==ANDA MENGATAKAN ALKITAB ITU PALSU==

Pertanyaan 2, minta bukti soal ajaran Yesus yang tidak baik, ini juga pertanyaan orang kalap, karena fakta artikel di atas juga tidak sedang membahas soal ajaran yesus

next..

Id Amor said...

Pertanyaan 3, Subtansinya pertanyaan adalah mengajak untuk diskusi perbandingan agama, tetapi sayang contoh spesifik yang diajukan menunjukan nalar dangkal dalam memahami agama, yaitu membahas soal perilaku umat beragama, bukannya terkait perbandingan hal yang mendasar yaitu perbandingan kitab sucinya

pertanyaan 4, Mengajak untuk perbandingan agama terkait bagaimana pengaruh agama tersebut bagi umat manusia/ masyarakat.

ok.. akan saya ladeni, pada pertanyaan keempat ini, dengan menjawab pertanyaan anda ini :

==PENGAJARAN APA YG ANDA ANGGAP HEBAT DR MUHAMMAT YG SDH MEMBUAT ORG MENJADI LEBIH BIK DGN MELIHAT FAKTA2 YG ADA.==

Kalaupun saya bisa memberikan data data kehebatan nabi Muhammad, anda juga itu sekedar penilaian subyektif saya sebagai seorang muslim, oleh karena itu saya berikan informasi tentang pengakuan tokoh tokoh dunia yang mengakui kehebatan nabi Muhammad :

1. Mahatma Gandhi

Mahatma Gandhi adalah tokoh kemerdekaan India dari Inggris dengan gerakan anti kekerasan. Pergerakannya ini memberikan insipirasi kepada rakyat di koloni-koloni lain untuk memperjuangkan kemerdekaannya. Karena ajaran Gandhi tentang 'ahimsa' (non-kekerasan), Inggris dan India melaksanakan pengalihan kekuasaan secara paling bersahabat dari si penjajah kepada yang terjajah dalam sejarah.

Tentang Muhammad SAW, Gandhi berujar:

“Pernah saya bertanya-tanya siapakah tokoh yang paling mempengaruhi manusia. Saya lebih dari yakin bahwa bukan pedanglah yang memberikan kebesaran pada Islam pada masanya. Tapi ia datang dari kesederhanaan, kebersahajaan, kehati-hatian Muhammad; serta pengabdian luar biasa kepada teman dan pengikutnya, tekadnya, keberaniannya, serta keyakinannya pada Tuhan dan tugasnya. Semua ini (dan bukan pedang) menyingkirkan segala halangan. Ketika saya menutup halaman terakhir volume 2 (buku biografi Muhammad), saya sedih karena tiada lagi cerita yang tersisa dari hidupnya yang agung."

next..

Id Amor said...


Kedua Michael H Hart, Ia adalah seorang guru besar astronomi dan fisika perguruan tinggi di Maryland, Amerika Serikat. Pada tahun 1978, pria kelahiran 28 April 1932 ini menulis buku berjudul 'The 100'. Buku ini memuat 100 tokoh yang memiliki pengaruh terkuat dalam sejarah manusia. Konsep buku ini secara luas banyak ditiru. Dalam buku ini, Hart menempatkan Muhammad di peringkat pertama daftar '100 Tokoh yang Berpengaruh di Dunia'. Dalam bukunya, Hart berkata: "Berasal-usul dari keluarga sederhana, Muhammad menegakkan dan menyebarkan salah satu dari agama terbesar di dunia, Agama Islam. Dan pada saat yang bersamaan tampil sebagai seorang pemimpin tangguh, tulen, dan efektif. Kini tiga belas abad sesudah wafatnya, pengaruhnya masih tetap kuat dan mendalam serta berakar." "Lamar Tine, seorang sejarawan terkemuka menyatakan bahwa: ‘Jika keagungan sebuah tujuan, kecilnya fasilitas yang diberikan untuk mencapai tujuan tersebut, serta menakjubkannya hasil yang dicapai menjadi tolok ukur kejeniusan seorang manusia; siapakah yang berani membandingkan tokoh hebat manapun dalam sejarah modern dengan Muhammad? Tokoh-tokoh itu membangun pasukan, hukum dan kerajaan saja. Mereka hanyalah menciptakan kekuatan-kekuatan material yang hancur bahkan di depan mata mereka sendiri. "Sementara Muhammad bergerak tidak hanya dengan tentara, hukum, kerajaan, rakyat dan dinasti, tapi jutaan manusia di dua per tiga wilayah dunia saat itu; lebih dari itu, ia telah merubah altar-altar pemujaan, sesembahan, agama, pikiran, kepercayaan serta jiwa. Kesabarannya dalam kemenangan dan ambisinya yang dipersembahkan untuk satu tujuan tanpa sama sekali berhasrat membangun kekuasaan, sembahyang-sembahyangnya, dialognya dengan Tuhan, Ketiga Gustave Le Bon, Ia adalah seorang psikolog sosial Perancis yang lahir pada 7 Mei 1841. Karya psikologi massa menjadi penting pada patuh pertama abad ke-20 ketika digunakan oleh para peneliti media seperti Hadley Cantril and Herbert Blumer untuk menggambarkan reaksi kelompok subordinat kepada media. Ia juga merupakan salah seorang yang mempopulerkan teori bawah sadar yang kritis selama pembentukan teori baru dalam aksi sosial. Dalam bukunya yang berjudul 'Peradaban Islam dan Arab'(terjemahannya, red), ia berkata: “Jika kita ingin mengukur kehebatan tokoh-tokoh besar dengan karya-karya dan hasil kerjanya, maka harus kita katakan bahwa di antara seluruh tokoh sejarah, Nabi Islam adalah manusia yang sangat agung dan ternama. Meskipun selama 20 tahun, penduduk Makkah memusuhi Nabi sedemikian kerasnya, dan tak pernah berhenti mengganggu dan menyakiti beliau, namun pada saat Fathu Makkah (penaklukan kota Makkah), beliau menunjukkan puncak nilai kemanusiaan dan kepahlawanan dalam memperlakukan warga Makkah. Beliau hanya memerintahkan agar patung-patung di sekitar dan di dalam Ka’bah dibersihkan. Hal yang patut diperhatikan dalam kepribadian beliau ialah bahwa sebagai-mana tidak pernah takut menghadapi kegagalan, ketika memperoleh kemenangan pun beliau tidak pernah menyombong dan tetap menunjukkan sikapnya yang lurus.”

Next..

Id Amor said...

Pertanyaan anda sudah saya jawab, Sekarang giliran saya bertanya kepada anda.

Kalau serius diskusi perbandingan agama terkait pengikutnya, maka yang harus dijadikan rujukan adalah generasi awalnya. dan saya sudah memberikan jawaban dengan memberikan pandangan tokoh dunia terhadap pengaruh dari pengajaran nabi muhammad pada generasi awal.

yaitu mampu merubah nasib umat yang sebelum masa kenabian dalam derajat sangat rendah sekali (jahiliyah), hanya beberapa tahun dididik mereka menjadi generasi yang memiliki kedudukan sangat tinggi dan mampu menaklukan 2 kekuasaan besar pada saat itu , yaitu kerajaan Romawi dan Persia


Maka dengan menggunaakan "ALAT UKUR" yang anda gunakan sendiri, berdasarkan FAKTA sejarah, bagaimana PENGARUH KRISTEN pada masa awal?

Berdasarkan Fakta sejarah,

1. Generasi awal kristen mereka dalam posisi yang terhormat atau justru menjadi orang orang yang terhina, yaitu jadi buronan penguasa yang diburu untuk ditangkap, disiksa dan dibunuh?

2. Kondisi umat Kristen awal bisa berubah menjadi lebih baik (terbebas dari posisi sebagai borunan penguasa), dalam tempo sebentar atau harus menunggu berabad abad (3 Abad lebih)?

3. Ketika lembaga tertinggi kekristenan (GEREJA) dekat dan menguasai dengan kekuasaan, mereka menebar damai dan kasih atau menebar dendam?
membantai, menyiksa dengan keji dan membunuh orang orang yang berbeda paham dengan gereja?

Silahkan jawab, saya akan sabar menunggu jawaban anda :)

Anonymous said...

@ amor
Sebelum sy menjawab pertanyaan anda terlebih dahulu sy menanggapi jawaban saudara atas pertanyaan saya
1-Memang betul dlm artikel diatas tdk membahas ttg kepalsuan alkitap ttp ada didalam pikiran saudara sbg seorg muslim dan itu terpancar dr tulisan saudara yg menunjuk kaum nasrani sebagai kaum yg bobrok mental,dan tentunya ini terkait dgn kitab sucinya sebagai alat atau sumber pengajaran.

2-Soal bukti pengajaran yesus yg tdk baik,ini juga penting krn menyangkut tuduhan saudara yg mengatakan kaum nasrani yg bobrok.

3-Justru penalaran saudara ttg agama yg dangkal,krn saudara hanya mengacu kepada keyakinan buta,tanpa mau melihat fakta yg ada.Adakah agama didunia ini yg mengaku bahwa kitab sucinya kurang baik atau kurang sempurna? sy yakin tdk ada. Sekarang bagai mana kita bisa mengukurnya?.
Krn agama adalah sebuah ideologi atau faham,maka alat ukurnya tentunya tdk terlepas dr apa yg sy sampaikan diatas.Ideologi yg baik akan bertahan dan menghasikan peradaban yg baik pula,sementara ideologi yg buruk akan tertinggal krn menghasilkan peradaban yg buruk.Contoh kecil yg sy bisa sampaikan,Yesus mengajar bahwa kekerasan jgn dilawan dgn kekerasan sebab kekerasan hanya akan menimbulkan kekerasan baru.Faham ini terus menerus mengikis faham yg ingin selalu menggunakan kekerasan dlm menyelesaikan masaalah.Selain itu adajuga faham yg mempertontonkan kekerasan dgn maksud agar supaya org yg melihat merasa takut,faham ini juga terus menerus terkikis dgn faham bahwa apabila kekerasan dijadikan tontonan,akan menghasilkan org2 yg sadis walaupun ajaran ini tertulis didalam kitab yg katanya penyempurna dan asli dr tuhan.

4-Saudara menjawab pertanyaan sy ttg pengajaran muhammad yg hebat yg sdh mempengaruhi peradaban dunia namun jawaban saudara tdk jelas dan ngambang.saudara memulai dgn pengakuan tokoh2 dunia spt:
Mahatma gandi,apa kata mahatma gandi ttg muhammad?.Michael hart dlm bukunya 100 tokoh pling berpengaruh didunia dan menempatkan muhammat sbg peringkat pertama,tp sayang anda tdk menjelaskan pengaruh apa yg muhammat sdh ciptakan.Lamar tine,mengatakan muhammat adalah org yg jenius,ok,,sy sependapat,ttp kejeniusan seseorang blm tentu berbanding sama dengan kebaikannya.Ttg pendapat Gustve le bon,ya,,itu pendapat dia,,ttp berbeda dgn pendapat sy yg menilai muhammat selama 20 thn bersabar menghadapi penduduk mekkah itu hanya krn dia merasa blm cukup kuat untuk menaklukkan mereka,sebab ternyata setelah itu dia memerangi kota mekkah,dan nama2 yg hrs ia pancung sdh ada dlm sakunya.

lanjut

Anonymous said...

Mengenai pertanyaan saudara:

Terkait mengenai ajakan sy berdiskusi ttg agama dgn melihat dampaknya terhadap pengikutnya,anda hanya mau mengajak saya untuk melihat pada awalnya,ini sama halnya dgn org yg terus bernyanyi;NENEK MOYANGKU ORG PELAUT,,,MENERJANG BADAI DGN GAGAH BERANI,tanpa mau melihat dirinya yg hanya mendayung sampan di pinggir laut.Anda juga lupa menulis dgn cara apa islam menaklukkan romawi dan persia.Mengenai pengaruh kristen pada awalnya,spt yg anda tulis,ttp andaikan saudara bisa lebih jeli melihatnya,anda akan melihat betapa hebat dan perkasanya Tuhan sebab didalam tekanan yg sedemikian rupa,pengajaran Tuhan justru semakin menyebar dan membesar keseluruh dunia.Jgn lupa,agama adalah sebuah ideologi,dan semua ideologi dimuka bumi ini mendapat tantangan.Ideologi yg baik,akan menghasikan peradapan yg baik dan membuat penganutnya lebih maju,sebaliknya ideologi yg buruk akan menghasilkan peradapan yg buruk,dan membuat pengikutnya tertinggal.Pertanyaan saudara no 1 dan 2 sy rasa sdh terjawab,pertanyaan ke 3 ttg gereja apakah mengajarkan perdamaian atau dendam,,Klu ada gereja yg mengajar atau menabuh genderang perang,gereja itu pasti sedang mengajar ttg pengajaran muhammat bkn pengajaran yesus sebab tdk ada satu ayatpun didlm injil,ttg ajakan untuk mendendam apalagi untuk memerangi.Klu anda mengatakan ada gereja yg menyiksa,membunuh org2 yg dianggab melawan gereja,lagi2 anda lupa mengucapkan kata (dulu) shg berkesan sampai sekarang gereja masih spt itu,padahal klu anda cermat,bukankah lembaga atau gereja pd jaman itu didirikan atau dibentuk oleh manusia yg cara berfikirnya masih terkontaminasi dgn budaya masyarakat pada jaman itu? ttp lihatlah sekarang,semua gereja didunia ini dan semua pengikut kristus didunia ini sepakat bahwa agama hanya bisa dipakai untuk menghimbau dan bukan untuk menghukum.Klu anda mengetahui ada gereja sekarang yg menghukum jemaatnya tlng tunjukkan kapan dan dimana.
Semoga dr uraian sy saudara dpt mengerti bahwa semua ideologi dimuka bumi ini berproses,ttp yg pasti adalah: ideologi yg baik akan menghasikan peradaban yg baik dan membawa kemajuan,sementara yg buruk akan menghasikan peradaban yg buruk dan akan membuat para pengikutnya tetap naik unta.

Sy tunggu tanggapan saudara dan sy tdk akan mengajukan pertanyaan lagi sebelum hal yg kita perbincangkan tuntas.GBU